...

jenis-jenis UPS yang umum digunakan di indonesia

Berikut adalah beberapa jenis UPS yang umum digunakan:

  1. Offline / Standby UPS: jenis UPS ini bekerja dengan menggunakan sumber listrik AC langsung, dan ketika terjadi gangguan listrik, maka UPS akan segera mengaktifkan baterai internalnya. Sistem ini cocok digunakan untuk peralatan yang tidak membutuhkan daya listrik yang terus menerus, seperti komputer pribadi atau server kecil.
  2. Line-Interactive UPS: UPS jenis ini juga menggunakan sumber listrik AC langsung, tetapi memiliki fitur untuk mengontrol tegangan masukan untuk mempertahankan output yang stabil. Sistem ini cocok digunakan untuk peralatan seperti server, switch jaringan, dan peralatan komunikasi.
  3. Double-Conversion / Online UPS: UPS ini menggunakan arus listrik AC untuk mengisi baterai internalnya, kemudian menghasilkan daya listrik DC yang kemudian dikonversi kembali ke AC untuk mengalimentasi peralatan. Sistem ini cocok untuk digunakan pada peralatan yang membutuhkan daya listrik yang sangat stabil dan konsisten seperti server besar, sistem penyimpanan data, dan peralatan industri.
  4. Delta Conversion UPS: Jenis UPS ini adalah variasi dari double-conversion UPS yang menggunakan teknologi delta konversi untuk menghasilkan output AC yang lebih stabil dan lebih efisien.
  5. Flywheel UPS: UPS jenis ini menggunakan energi kinetik dari cakram berputar yang disimpan dalam bentuk energi mekanik pada saat listrik tersedia, dan kemudian dapat digunakan untuk menghasilkan listrik ketika terjadi gangguan pada jaringan listrik. UPS jenis ini cocok untuk digunakan pada aplikasi yang membutuhkan daya listrik yang andal dalam jangka waktu yang sangat singkat, seperti sistem telekomunikasi.
  6. Hybrid UPS: Jenis UPS ini menggabungkan fitur dari dua atau lebih jenis UPS, sehingga dapat memaksimalkan efisiensi, kinerja, dan fleksibilitas untuk kebutuhan spesifik penggunaan.
  7. Solar UPS: UPS jenis ini didukung oleh panel surya untuk mengisi baterai internalnya, dan kemudian menghasilkan daya listrik yang dapat digunakan untuk mengalimentasi peralatan. UPS jenis ini cocok untuk digunakan pada lingkungan yang tidak stabil atau daerah yang terpencil, seperti daerah pedesaan atau camping.